Pisang dan Olahraga

Minuman olahraga memang membantu tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat usai berolahraga. Sayangnya, kebanyakan mengonsumsi minuman olahraga dapat menimbulkan gangguan kesehatan, seperti kerusakan gigi.

Untuk menggantikan minuman olahraga, Anda bisa menyantap pisang. Ternyata pisang menjadi buah favorit para atlet dunia. Dalam penelitian terbaru, pisang dianggap lebih baik dari minuman olahraga dengan memberikan lebih banyak nutrisi dan memiliki gula sehat.

Penelitian yang dipimpin oleh David C. Nieman, DrPH dari Sekolah Ilmu Kesehatan di Appacalachian State University terhadap 14 orang yang bersepeda, kemudian dijadikan dua kelompok. Kelompok pertama diberi minuman olahraga mengandung karbohidrat 6 persen dan sisanya, diberi setengah porsi pisang setiap 15 menit selama dua kali 75 menit uji coba.

Peneliti juga mengambil sampel darah sebelum uji coba, tepat setelah latihan dan satu jam setelah latihan.

Hasilnya, pesepeda yang mengonsumsi pisang memiliki kadar antioksidan dan dopamin yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang meminum minuman olahraga.

Peneliti juga menyarankan agar para atlet mengonsumsi lebih banyak pisang.

Pisang memiliki kandungan ptasium yang tinggi. Potasium ini membantu mengurangi dehidrasi, kram dan kelelahan sekaligus menyediakan gula dan karbohidrat yang diperlukan usai latihan berat.

Selain itu, pisang juga memiliki tingkat antioksidan yang tingi, serta mengandung serat, kalium dan vitamin B6. Pisang juga memiliki gula sehat, seperti fruktosa dan glukosa, sedangkan minuman olahraga mengandung sukrosa. Dibandingkan minuman olahraga, pisang memiliki 10 kali lebih banyak jumlah kalium.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s